AMPO (Makanan dari tanah liat)

8:31 PM Rian Saadillah 1 Comments

AMPO bakar
Pernah kebayang gak, kalo tanah itu bisa di makan,,,?aku juga masih gak percaya lo kalo tanah itu ternyata bisa di makan. Tadi siang kan aku nonton acara TV yang nayangin tentang makanan namanya AMPO di salah satu stasiun televisi. Yaaa nama makanan itu AMPO, makanan yang di buat menggunakan tanah ini ternyata sudah lama di konsumsi bagi masyarakat tuban jawa timur.

Tapi saya masih tidak percaya di benak saya dan memakan tanah itu adalah sesuatu yang menjijikkan, dan saya juga gak pernah terfikirkan rasanya seperti apa. Tapi di acara tersebut mereka biasa aja wawww.. jadi cara buatnya tuh,
  1. Ambil tanah liat, gak tau tuh spesifikasi tanah liatna seperti apa, mungkin tanah liat yang ada disawah dan bersih maksudnya belum tercemar oleh kotoran binatang dsb
  2. Tanah yang sudah diambil tadi kemudian padatkan sehingga membentuk balok persegi
  3. Setelah tanah sudah padat kemudian ambil sebilah bambu kemudian bentuk seperti pisau
  4. Kemudian tanah yang tadi di bentuk menggunakan bumbu tadi seperti diris tipis
  5. Kemudian tanah yang sudah di bentuk kemudian di panggang
  6. Siap dihidangkan
Bagi kita yang tidak tau dan tidak terbiasa makan akan terlihat jijik, karena tanah yang di makan dari proses pembuatan juga tidak dicampur dengan apapun artinya murni tanah. Kebayang gak rasanya kayak gemana???silahkan dicoba

AMPO bakar siap dihidangkan

Proses membentuk tanah liat sebelum di bentuk menjadi AMPO
Menurut mereka memakan tanah dapat membuat perut terasa enak, dapat menyembuhkan diare, panas dalam, dan dapat menyembuhkan penyakit lainnya. Tapi yang perlu diperhatikan juga ketika anda akan mencoba membuat makanan tersebut adalah sumber tanah yang akan anda olah menjadi AMPO, tanah harus terbebas dari kotoran yang disebabkan binatang apa lagi kotoran manusia. Karena jika tanah yang di gunakan sudah terkontaminasi kotoran malah bahaya karena anda bisa menderita diare yang disebabkan cacing gelang atau cacing pita beeehhhh mengerikan.


Proses pembuatan AMPO
Memakan tanah bagi masyarakat tuban bukan sebagai makanan utama atau menggantikan nasi tetapi sebagai makanan ringan atau camilan. Tapi yang menjadi pertanyaan di benak saya adalah apakah tradisi memakan tanah ini murni sebagai camilan atau makanan selingan atau karena kondisi ekonomi dan kelaparan sehingga masyarakat sampai memakan tanah..?Karena dari beberapa kasus diluar tuban juga memakan tanah karena kelaparan yang melanda, tapi terlepas dari itu semua inilah salah satu pengalaman baru bagi saya, saya bisa tau bahwa tanah bisa di makan, dan saya tidak tertarik untuk mencobanya mending makan pizza kata temen saya.

Sumber Gambar : Internet


You Might Also Like

1 comment:

Powered by Blogger.