Tradisi Potong Jari Suku Dani Papua

8:21 PM Unknown 0 Comments

Kenal dengan suku dani...? Iya suku dani, Suku dari sekian banyak suku yang ada di indonesia. Suku dani bermukim atau mendiami wilayah pengunungan di Papua Indonesia. Suku dani berada di kabupaten Jayawijaya dan mendiami seluruh kabupaten Jayawijaya dan sebagian kabupaten Puncak Jaya,

Itu sedikit pengenalan tentang Suku Dani. Suku dani memiliki tradisi unik sekaligus menyakirkan yaitu Tradisi potong jari jika ada anggota keluarga yang meninggal. Potong jari merupakan ungukapan rasa sedih yang sangat mendalam atau lebih pas nya berbelasungkawa. Jika ada salah satu anggota keluarga yang meninggal maka ibu akan memotong jarinya.

Suku dani merupakan salah satu suku terbesar di papua. Beragam suku yang menetap di daratan papua mulai dari pesisir pantai hingga di lereng gunung. Suku dani tinggal dan menetap di pegunungan dan masih memegang ketat adat leluhurnya.

Berikut adalah Foto suku dani yang diambil dari beberapa sumber



Kepercayaan suku dani adalah menghormati roh-roh nenek moyang. Cara menghormati roh-roh nenek moyang mereka dengan menyelenggarakan pesta babi. Yang terpenting dari kepercayaan suku dani adalah Atou. Atou adalah kekuatan sakti para nenek moyang mereka yang diturunkan secara patrilineal. 

Bagaimana anda tertarik untuk mengenal Suku Dani lebih dekat..? Silahkan berkungjung ke papua.

Sumber Foto : Detik Travel

You Might Also Like

0 komentar:

Powered by Blogger.