Air Terjun kembar yang bisa bikin awet muda

12:29 PM Unknown 0 Comments

Ada yang dari Bondowoso..?atau ada yang pernah ke Air Terjun Tancak Kembar? Air terjun ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat bondowoso dan sekitarnya maupun bagi para traveller yang sudah keliling indonesia. Air terjun ini berjarak sekitar 25 km dari pusat kota dan berada pada ketinggian 1.100 mdpl. Air terjun ini berada di desa Andungdari, kecamatan Pakem. Bagi masyarakat bondowoso air terjun ini di sebut mistis karena konon di air tejun ini merupakan tempat permandian Dewi Rengganis yang dipercaya bisa membuat kita awet muda. Wow apa benar ya? ahh mitos. Tapi bagi ada yang percaya sialhkan di coba



Akses jalan menuju ke Air Terjun ini memerlukan perjuangan ekstra, karena jalannya masih berupa jalan makadam dan akan makin sulit ketika dalam kondisi hujan, karena jalan yang di lewati akan licin, jadi hati-hatiiiii. Dan Asyiknya lagi bagi traveller seperti saya, akses jalan menuju ke air terjunnya hasi bisa di lewati hanya dengan berjalan kaki. keren broooo

Tapi setelah sampai di sana, rasa penat akan sirna dengan indahnya pesona alam air terjun yang indah dibalik pohon yang rindang dan lebat terpampang sebuah tebing batu yang dialiri air putih nan jernih. Ada dua aliran air terjun yang sama yang berjarak sekitar 20 m dari air terjun yang pertama. Kedua air terjun itu di simbolkan oleh masyarakat sekitar sana sebagai air terjun laki-laki dan perempuan. 

Bagi masyarakat setempat, air terjun ini bernuansa mistis karena berdasarkan mitos yang berkembang  di masyarakat air terjun berketinggian 70m ini adalah tempat dewi rengganis mandi. Dewi rengganis merupakan seorang puteri dari majaphit yang melarikan diri akibat terjadina peperangan waktu itu. kemudian si putri mendirikan kerajaan kecil yang berada di puncak gunung argpuro ini.

Bukan hanya sebaga objek wisata, pada hari-hari tertentu, banyak juga para pengunjung yang berdatang bukan hanya untuk datang berekreasi tetapi mereka menggelar selamatan di sekitar air terjun dengan membawa berbagai sesajen kemudian dilanjutkan dengan mandi bersama. Menurut warga setempat, pengunjung yang datang melakukan selamatan biasanya pada bulan mugarran atau bulan syura. Mereka percaya bahwa, jika mereka mandi air terjun ini maka mereka bisa awet muda.

Tertarik ingin mencoba, silahkan langusng ke TKP saja.. heheh

Sumber Photo : Detik Travel

You Might Also Like

0 komentar:

Powered by Blogger.